Perpustakaan

Perpustakaan Sekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari lingkungan sekolah. Sebagai salah satu sarana pendidikan Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar siswa, membantu siswa dan guru dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Pentingnya Perpustakaan Sekolah dapat dilihat dalam UU NO.2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun masyarakat luas harus menyediakan sumber belajar. Pada penjelasan UU NO. 2 Tahun 1989 juga dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik apabila para tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu-satunya adalah

perpustakaan.

Akhir-akhir ini perhatian masyarakat terhadap perpustakaan menunjukkan adanya peningkatan yang berarti. Perpustakaan Sekolah pun tidak luput dari perhatian para pengelolanya, tidak ada sebuah sekolah pun yang tidak memiliki perpustakaan. Sebab perpustakaan sekolah diibaratkan sebagai jantungnya dari sekolah yang bersangkutan.

Perpustakaan dalam segala bentuk dan jenisnya merupakan institusi yang bersifat ilmiah, informative, dan edukatif. Segala aktivitas di dalamnya selalu mengandung nilai dan unsur pembelajaran, penelitian, pengembangan, ilmu pengetahuan, dan hal-hal yang berorientasi pada pencerahan dan pengayaan wawasan penggunanya. Tak heran jika perpustakaan sering disebut sebagai pusat pembelajaran dan agen budaya.

Berangkat dari paparan pengantar di atas itulah Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya berupaya untuk selalu meningkatkan peran dan pelayanannya kepada seluruh anggotanya sehingga mampu menjadi agen perubahan sesuai Visi dan Misi Yayasan Lembaga Pendidikan (YLPI) Al Hikmah Surabaya untuk mewujudkan generasi yang Berbudi dan Berprestasi.


Fungsi Perpustakaan :

1. Fungsi Pendidikan

Fungsi pendidikan maksudnya bahwa fasilitas, koleksi, serta sarana yang ada di perpustakaan sekolah digunakan untuk kepentingan belajar dan pengembangan kemampuan intelektual siswa.

2. Fungsi Informasi

Fungsi informasi yang dimaksudkan bahwasanya semua koleksi yang ada di perpustakaan sekolah berisi informasi yang bersifat memberitahu akan hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan siswa dan guru.

3. Fungsi Rekreasi

Fungsi rekreasi dimaksudkan bahwa perpustakaan merupakan tempat rekreasi bagi anggotanya. Fungsi ini ditunjukkan dengan adanya koleksi yang bersifat ringan untuk dibaca seperti majalah, surat kabar, buku-buku fiksi yang semua itu berfungsi untuk menghibur.

4. Fungsi Penelitian

Fungsi penelitian maskudnya bahwa koleksi perpustakaan sekolah bisa dijadikan bahan untuk membantu dilakukannya kegiatan penelitian sederhana.

Tujuan/Target

  1. Mendorong dan mempercepat proses penguasaan belajar siswa melalui perpustakaan.
  2. Membantu kegiatan menulis kreatif bagi siswa dengan bimbingan guru dan pustakawan.
  3. Menumbuhkembangkan minat dan kebiasaan membaca (reading habit) siswa yang dikemas dalam bentuk pembelajaran bidang studi perpustakaan.
  4. Menyediakan berbagai macam sumber informasi untuk kepentingan pelaksanaan kurikulum
  5. Mendorong, menggairahkan, memelihara, dan memberi semangat membaca dan semangat belajar bagi para siswa.
  6. Memperluas, memperdalam, dan memperkaya pengalaman belajar para siswa dengan membaca buku dan koleksi lain yang mengandung ilmu pengetahuan dan teknologi yang disediakan oleh perpustakaan.
  7. Memberikan hiburan sehat untuk mengisi waktu senggang melalui kegiatan membaca, khususnya buku-buku dan sumber bacaan lain yang bersifat kreatif dan ringan, seperti fiksi, cerpen, dan lainnya.

Jumlah Koleksi Bahan Pustaka hingga bulan Desember 2008

I. Koleksi Buku

Koleksi Referensi : 2 024 Judul, 3 158 Eksemplar
Koleksi Khusus : 818 Judul, 14 175 Eksemplar
Koleksi Umum : 11 303 Judul, 18 673 Eksemplar

TOTAL 15 732 Judul, 36 316 Eksemplar

II. Koleksi Non Buku

  • Majalah :14 Judul
    (Gatra, Ayah Bunda, Aku Anak Sholeh, Bee Magazine, Ayo, Ummi, Hidayatullah, FUN, ORBIT, Info Komputer, Arif, Nikah, Nebula, Haji)
  • Surat Kabar : 3 Jenis
    (Kompas, Jawa Pos, Republika)
  • Tabloid : 3 Jenis
    (Komputek, Rumah, Nurani)
  • Jurnal : 5 Jenis
    (Dinamika HAM, Antropologi Indonesia, Tashwirul
    AFKAR, Teknologi Indonesia , Hukum Bisnis)
  • Poster : 7 buah
    (Masjidil Haram, Madinah, Indahnya Surga)

III. Koleksi Audio Visual

  • VCD : 250 keping
    (Serial Harun Yahya, Film Kartun , CD Edukatif,
    CD Tutorial, Cerita Rakyat, dan lain-lain.)
  • Kaset : 120 buah
    (Kaset Tutorial Bahasa Inggris, Murotal, Cerita Islam, lagu Anak Islam)


JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN

1) LAYANAN SIRKULASI

  • Layanan sirkulasi dengan system terbuka , maksudnya pemakai secara langsung dapat memilih dan mengambil sendiri bahan pustaka yang diinginkan.

2) LAYANAN REFERENSI

  • Layanan yang diberikan dengan membantu menemukan informasi yang diperlukan, caranya :
    • Menjawab pertanyaan.
    • Memberikan bimbingan penelusuran

3) LAYANAN PEMESANAN

  • Perpustakaan melayani pemesanan buku dengan cara memberikan :
    • Daftar buku baru
      Daftar buku baru terbit setiap bulan yang diterbitkan oleh perpustakaan.
    • Informasi kilat
      Pemakai Perpustakaan dapat memesan fotocopy artikel majalah, surat kabar dan lain-lain dengan membayar biaya fotocopy.

4) LAYANAN AUDIO

  • Layanan audio adalah kegiatan yang melayani penggunaan bahan audio visual seperti ; Kaset Tape Recorder, CD, VCD , dan lain-lain.

5) LAYANAN PENDIDIKAN PEMAKAI

  • Layanan ini, untuk memberikan bekal kepada siswa agar dapat menggunakan atau memanfaatkan perpustakaan secara maksimal, serta memakai koleksi perpustakaan secara cepat, tepat dan benar. Untuk melaksanakan kegiatan ini diberlakukanlah JAM PUSTAKA yang bisa dijabarkan sebagai berikut;
    • Menjadikan program KENAL PUSTAKA menjadi program khusus bagi siswa kelas I dan kelas II.
    • Memadukan jam perpustakaan dengan bidang studi lain untuk pemanfaatan bahan pustaka yang ada. Misalnya tugas terstruktur yang diberikan oleh guru bidang studi dikerjakan di Perpustakaan dengan memanfaatkan koleksi perpustakaan. Selanjutnya tugas yang sudah selesai merupakan bagian dari koleksi perpustakaan.

6) LAYANAN PEMBINAAN SISWA

  • Layanan ini, untuk menumbuh-kembangkan minat baca dan kemampuan menulis siswa agar tumbuh menjadi penulis-penulis cilik yang prestatif. Dalam program ini perpustakaan sekolah menjalin kerjasama dengan guru bidang studi dan pengajar ekstra kurikuler yang tergabung dalam AWC (Al Hikmah Writing Club)

Pengguna perpustakaan antara lain :

  1. Siswa- Siswi SD Al Hikmah Surabaya ( 1136 siswa)
  2. Guru dan Karyawan YLPI Al Hikmah Surabaya ( 275 orang).
  3. Para Wali Murid.
  4. Individu/Lembaga yang berkepentingan dengan perpustakaan (Peneliti, Tamu Studi Banding, Pengembang Sekolah )

JAM LAYANAN PERPUSTAKAN

Senin –Jum’at : 07.00 – 17.00 WIB
Sabtu : 07.00 – 12.00 WIB

%d bloggers like this: